Unsupported Screen Size: The viewport size is too small for the theme to render properly.

Scrum Caretakers Indonesia

We care about Scrum. We care about people. We care about how Scrum is used to bring the very best out of people. We do not care about Scrum as a methodology.

Scrum Caretakers Indonesia

We care about Scrum. We care about people. We care how Scrum is used to make people become the best version of themselves not as a methodology.

 

Latar Belakang

Di sebuah kafe di kawasan Menteng, seseorang yang berada dalam bidang akademisi pernah menanyakan Edo Suryo Pamungkas dan Artanto Ishaam apakah ada sebuah organisasi terpercaya yang dia bisa tanyakan mengenai Scrum dan memahami Scrum secara mendalam untuk keperluan thesis dia. Dia melihat banyak pemahaman dan opini-opini mengenai Scrum di Indonesia yang tidak sinkron sehingga tidak bisa dia gunakan sebagai bahan penelitian dia.

Pemahaman yang mengkhawatirkan mengenai Scrum di ekosistem software delivery Indonesia yang telah mengakibatkan banyak orang bingung bahkan tidak jarang membuat banyak orang yang merasa kualitas hidupnya semakin menurun semenjak perusahaannya menggunakan Scrum. Scrum mengalami difusi semantik. Pemahaman yang tidak benar mengakibatkan implementasi yang berujung pada keluaran tidak memuaskan dan tidak diharapkan oleh Scrum itu sendiri.

Atas landasan tersebut Komunitas Scrum di Indonesia berinisiatif untuk membuat komunitas khusus yang memahami Scrum secara mendalam dan sebagaimana mestinya sesuai Panduan Scrum. Scrum Caretakers dipilih menggunakan sistem meritokrasi. Anggotanya dipilih oleh Scrum Caretakers lain berdasarkan kontribusinya kepada Komunitas Scrum di Indonesia dan pengetahuan dan pengalaman dia dengan Scrum.

 

Misi dari Scrum Caretakers

  • Menjadi narasumber yang terpercaya dan thoughtleaders mengenai Scrum di Indonesia — yang bisa dilibatkan untuk keperluan penelitian.
  • Mengembangkan lebih banyak lagi Scrum Caretakers yang berkontribusi kembali kepada komunitas software delivery di Indonesia pada umumnya dan komunitas Scrum pada khususnya.

 

Sifat Scrum Caretakers

Komunitas Scrum Caretakers bersifat:

  1. Inklusif yang artinya membuka diri kepada siapapun yang:
    1. Pakar dalam Scrum sesuai Panduan Scrum;
    2. Memiliki motivasi yang tinggi untuk membawa perubahan di ekosistem software delivery Indonesia dan;
    3. Memiliki hati seorang servant leader dan ingin mengembangkan potensi orang-orang di sekitarnya.
  2. Selektif yang artinya hanya orang-orang yang telah melalui proses meritokrasi yang diundang masuk ke dalam komunitas ini.
  3. Ahli dalam Scrum bukan hanya di level mekanik tetapi juga hingga ke level prinsip-prinsip utama dan nilai-nilai dasar Scrum. Pengetahuan Scrum-nya sesuai Panduan Scrum dan merupakan narasumber Scrum yang terpercaya.
  4. Aktif berkontribusi ke Komunitas Scrum di Indonesia demi kemajuan ekosistem software delivery di Indonesia.
  5. Telah di-coaching setidaknya oleh satu Scrum Caretakers lainnya.
  6. Tidak pernah puas untuk terus-menerus belajar dan meningkatkan Scrum mastery mereka.

 

Kriteria masuk Scrum Caretakers

Untuk bisa masuk komunitas ini, kandidat harus mendapatkan vouch minimal dari lima Scrum Caretakers lainnya. Kandidat akan mendapatkan vouch dari Scrum Caretakers lainnya apabila:

  1. Berkontribusi secara aktif ke komunitas Scrum di Indonesia yang bisa dalam bentuk:
  2. Mendalami Scrum sesuai Panduan Scrum bukan hanya di tingkatan mekanik atau metodologi tetapi juga sampai ke filosofi dan pola pikir yang ditekankan oleh Scrum.
  3. Telah di-coaching dan dilatih oleh Scrum Caretakers lainnya.
  4. Berpengalaman dalam mempraktikkan Scrum sesuai Panduan Scrum di sebuah organisasi.
  5. Berpikiran terbuka, rendah hati, memiliki hati seorang servant leader dan memiliki track record telah meng-coaching dan mengembangkan potensi Scrum Master, Development Team, Product Owner dan manajemen.

Agar setiap anggota komunitas selalu aktif membawa value untuk kemajuan ekosistem software delivery Indonesia, anggota komunitas yang tidak aktif lagi membawa value ke ekosistem software delivery Indonesia dapat mengundurkan diri ataupun dapat dikeluarkan oleh Scrum Caretakers lainnya.

Scrum Caretakers

Beberapa anggota Scrum Caretakers bersedia untuk menjadi narasumber mengenai Scrum yang dapat dipercaya untuk:

  1. Seminar, Konferensi, ataupun acara-acara mengenai Scrum lainnya.
  2. Penelitian atau riset mengenai Scrum.