Unsupported Screen Size: The viewport size is too small for the theme to render properly.

Tentang Kami

Terbentuk karena dorongan yang sama. Fokus untuk membuat perubahan dan membawa dampak di ekosistem software delivery Indonesia.

Tentang Kami

Selamat datang di Komunitas Scrum di Indonesia.

Komunitas Scrum di Indonesia adalah komunitas yang cukup unik. Komunitas ini tidak dikendalikan oleh siapapun ataupun oleh sebuah perusahaan. Komunitas ini terbentuk dan berjalan secara organik tanpa ada otoritas terpusat. Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana dan kapan komunitas ini sebenarnya terbentuk. Komunitas Scrum di Indonesia terjadi begitu saja.

Sama dengan prinsip Scrum yang didasari oleh bottom-up collective intelligence, setiap kegiatan yang ada di dalam komunitas ini juga terjadi secara inisiatif orang-orang yang ada di dalamnya. Setiap kegiatan yang berjalan di komunitas ini membawa kami semakin dekat ke misi yang kami sedang jalankan.

Komunitas ini berjalan dengan sendirinya karena orang-orangnya memiliki dorongan yang sama, yakni membuat perubahan di ekosistem software delivery di Indonesia. Untuk saat ini kami hanya fokus terhadap penggunaan Scrum dalam konteks software delivery. Kami melihat permasalahan di ekosistem software delivery di Indonesia secara umum masih cukup besar dan belum ada di titik yang bisa dikatakan ideal untuk semua pihak. Dengan hanya fokus ke software delivery saja kami percaya kami dapat membawa dampak yang lebih besar.

Misi Komunitas Scrum di Indonesia

Berbeda dengan yang lainnya, Komunitas Scrum di Indonesia termotivasi oleh sebuah misi, bukan aspek komersil. Kami ingin melihat perubahan di ekosistem software delivery di Indonesia dalam tiga aspek.

PEMIMPIN YANG RENDAH HATI DAN MELAYANI

KUSTOMER YANG KOLABORATIF DAN BEREMPATI

SOFTWARE DEVELOPER YANG TRANSPARAN DAN PROFESSIONAL

PEMIMPIN YANG RENDAH HATI DAN MELAYANI

Perubahan dalam ekosistem software delivery dimulai dari perubahan perilaku dan cara berpikir para pemimpinnya. Kami mengimpikan sebuah ekosistem dimana para pemimpinnya adalah humble servant leaders. Sebagai seorang servant leader, pemimpin mengesampingkan ego dan agenda pribadinya sebaliknya mendahulukan kepentingan orang-orang yang mereka pimpin. Seorang servant leader tidak memaksakan kehendaknya namun mendahulukan agenda orang-orang yang ia pimpin. Seorang servant leader menggunakan kehebatan dan otoritas yang ia miliki untuk mengangkat orang-orang yang ia pimpin dapat menjadi hebat – bukan untuk menekan orang lain. Seorang servant leader bukan ingin dipandang namun ingin agar orang-orang yang ia pimpin lebih dipandang.

KUSTOMER YANG KOLABORATIF DAN BEREMPATI

Perubahan dalam ekosistem software delivery di Indonesia bisa terjadi apabila kostumer, baik kostumer internal maupun kostumer eksternal, yang bekerja bersama software developer merubah cara pandangnya mengenai software development. Berbeda dengan proyek konstruksi ataupun pekerjaan di pabrik, software development adalah pekerjaan kreatif dan inovatif yang memiliki banyak ketidak-pastian. Kami mengimpikan sebuah ekosistem dimana kostumer bisa memahami perihal ini dan kostumer mau berkolaborasi bersama software developer untuk kemenangan bersama bukan hanya memaksakan haknya saja. Kami ingin agar kostumer memiliki empati terhadap software developer.

SOFTWARE DEVELOPER YANG TRANSPARAN DAN PROFESSIONAL

Perubahan dalam ekosistem software delivery di Indonesia juga sangat ditentukan oleh perilaku para praktisi software development. Kostumer banyak kehilangan rasa percaya terhadap software developer karena software developer tidak transparan dan tidak professional dalam mengembangkan software. Software developer sering tidak transparan dengan estimasi ataupun ketidak-mampuan mereka. Software developer seringkali memangkas kualitas ataupun tidak mau belajar modern technical practices dalam mengembangkan software. Kami mengimpikan sebuah ekosistem dimana software developer mendapatkan rasa kepercayaan dari pimpinan maupun kostumernya sehingga mereka bisa self-manage dan tidak perlu lagi di-micro-manage. Kami mengimpikan sebuah ekosistem dimana software developer transparan dan professional. Professional artinya software developer di Indonesia berpikiran terbuka, berkolaborasi dengan semua pihak, memiliki inisiatif tinggi, bersemangat membawa nilai bisnis ke kustomer dan komitmen untuk continuous learning. Kami mengimpikan sebuah ekosistem dimana software developer tidak lagi dipandang rendah dan dapat berkarir secara professional dan memiliki taraf gaji setara manajer.

 

Ini adalah tiga ekspektasi kami dalam beberapa tahun ke depan. Apapun peran dan posisi kamu saat ini, pemimpin, software developer maupun kostumer yang bekerja bersama software developer, mari bergabung bersama gerakan ini apabila kamu percaya dengan misi kami dan ingin melihat perubahan di ekosistem software delivery Indonesia. Kamu bisa membuat chapter Scrum di kotamu masing-masing apabila saat ini belum ada chapter Scrum di kotamu.