Unsupported Screen Size: The viewport size is too small for the theme to render properly.

Scrum Coaching Retreat

Saling berbagi teknik coaching. Senantiasa meningkatkan keahlian coaching agar dapat membawa dampak yang lebih besar setiap harinya.

Scrum Coaching Retreat

We learn by doing.
— Jean Piaget, 1940

We learn by making.
— Seymour Papert, 1960

We learn by teaching
— Jean-Pol Martins, 1980

 

Scrum Coaching Retreat adalah acara dua hari semalam yang  secara khusus ditargetkan untuk para Scrum Master, Scrum Caretaker dan Scrum Coach. Acara ini diorganisir oleh komunitas Scrum Caretakers agar setiap peserta yang datang dapat up-skill dirinya dengan mengajar ke peserta lainnya dan memfasilitasi open space. Scrum Coaching Retreat tidak seperti acara lainnya dimana peserta hanya datang dan mendengar dari pembicara lainnya. Setiap peserta diwajibkan untuk mengkontribusikan pengetahuannya dengan mempresentasikan sebuah topik kepada peserta lain. Scrum Coaching Retreat adalah sebuah acara dimana peserta belajar dengan cara mengajar peserta lainnya (learning by teaching). Belajar dengan cara mengajar adalah salah satu cara agar Scrum Master dapat mengakselerasi akuisisi pengetahuan dan keterampilannya sebagaimana ditekankan oleh Jean-Pol Martins.

Bukan peserta dapat belajar dengan mengajar, peserta juga dapat memvalidasi konsep yang selama ini dia terapkan di tim atau organisasinya. Acara Scrum Coaching Retreat masih terbilang baru di Indonesia namun diharapkan acara ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga Scrum Master di Indonesia memiliki Community of Practice eksternal untuk saling berbagi dan meningkatkan kualitas dirinya. Untuk saat ini Scrum Coaching Retreat masih by invitation only agar kualitas acara dapat berkualitas tinggi.

 

Tujuan dari Scrum Coaching Retreat

Mengembangkan Scrum Master hebat dan berkualitas di Indonesia

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan Scrum Master yang berkualitas di ekosistem software development Indonesia, Komunitas Scrum di Indonesia melihat semakin penting adanya sebuah wadah profesi untuk Scrum Master untuk mengasah keterampilannya dan berbagi ilmu dan pengalaman masing-masing. Scrum Coaching Retreat adalah sebuah wadah dimana Scrum Master dapat belajar dan bertumbuh bersama. Setiap peserta akan di-coaching dan meng-coaching peserta lainnya (coaching the coaches). Harapannya dalam masa mendatang, ekosistem software development Indonesia memiliki banyak Scrum Master yang handal yang dapat mempengaruhi ekosistem software development Indonesia ke arah yang lebih baik. Scrum Coaching Retreat menjadi sarana untuk para Scrum Master mendapatkan pengetahuan Scrum dengan dasar teori yang solid yang akan ia transfer kembali ke masyarakat Indonesia. 

 

Belajar dari satu sama lain untuk pengembangan pribadi 

Komunitas Scrum Indonesia sangat beruntung bisa memiliki coach yang rajin membaca, coach yang rajin menulis, coach yang rajin untuk bereksperimen praktik-praktik Agile yang compliment Scrum maupun coach yang rajin mengajar. Scrum Coaching Retreat adalah kesempatan berharga untuk masing-masing peserta bisa belajar dari coach lain agar kita juga dapat meningkatkan mastery kita dalam Scrum karena Scrum is a never ending journey. Terkadang bila kita berada dalam organisasi yang sama kita tidak bisa melihat sesuatu yang baru yang mungkin dapat meningkatkan kualitas kita sebagai Scrum Master, akhirnya kita pun stagnan dan berhenti membawa value untuk tim dan organisasi yang kita layani. Ketika kita berhenti membawa value untuk tim dan organisasi, di titik itu lah semua pihak merasa Scrum Master tidak dibutuhkan lagi. When we’re growing ourselves, we’re growing our coachees. Kualitas seorang Scrum Master dinilai dari tekad dia untuk selalu belajar agar dapat selalu membawa nilai tambah untuk perusahaan.

Di Scrum Coach Retreat kali ini kita juga akan peserta datang dari berbagai kota di Indonesia. Scrum Coach Retreat adalah kesempatan baik untuk saling mengenal Scrum Master lain dari kota-kota di Indonesia yang memiliki passion yang sama.

 

Dampak yang diharapkan dari Scrum Coaching Retreat

Apakah dampak yang diharapkan dari acara ini?

Untuk peserta: Meningkatkan Scrum Mastery mereka dan belajar ilmu dan teknik baru dari Scrum Master lainnya.

Untuk komunitas Scrum Indonesia: memperkuat komunitas Scrum Indonesia karena akan semakin banyak Scrum Master yang handal dan dapat membawa dampak di ekosistem software delivery Indonesia.

Untuk ekosistem software delivery di Indonesia: ekosistem software delivery yang lebih baik karena dampak yang ditransfer oleh para Scrum Master yang menghadiri acara ini seperti: atasan yang memiliki kualitas servant-leadership, praktisi software delivery yang memahami Scrum, semakin mudah untuk melakukan negosiasi kontrak dengan Agile contract dan semakin mudah mencari Scrum Master yang berkualitas di ekosistem software delivery Indonesia.

 

Kenapa harus menginap?

Scrum Coaching  Retreat bersifat intensif dan memerlukan peserta untuk menginap selama dua hari satu malam:

    1. Agar bisa lebih leluasa dan tidak tergesa-gesa dengan batasan waktu karena backlog kita yang penting adalah mengkristalisasikan topik-topik open space. Berdasarkan pengalaman menerjemahkan Scrum Guide, ada banyak orang pintar di komunitas ini yang bila bertemu tidak peduli dengan waktu. When smart people meet together, you don’t want to limit the amount of knowledge flowing amongst them. The knowledge flowing is too valuable to be wasted.
    2. Karena ada beberapa peserta yang akan datang dari berbagai kota di Indonesia.
    3. Karena acaranya sangat berbeda dengan meetup bulanan yang selama ini kita hadiri. It is about gaining value from other coaches.